Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare

Kucing Diare atau Mencret? Nih, Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Diare - nahh bagi pecinta kucing pasti sangat ingin binatang peliharaanya terbebas dari berbagai penyakit atau virus agar kucing tetap sehat dan lucu, bukan ? Salah satu penyakit yang cukup membuat para pemilik kucing khawatir adalah kucing mencret atau diare.

Ciri-ciri pada kucing yang terkena penyakit mencret atau diare adalah adanya gangguan yang terjadi pada saluran cerna atau usus yang ditandai adanya perubahan pada tinja(ee) kucing yang lebih encer dan miningkatnya frekuensi buang air besar yang berlebihan pada si puss.

Apabila kucing peliharaan anda sudah terkena penyakit ini, hal pertama yang harus anda ketahui adalah apasi penyebab dan kenapa si puss bisa terkena diare atau mencret. Biasanya penyakit ini terjadi karena virus yang menyerang kucing yaitu adenovirus dan rotavirus. Dan apabila penyakit ini berlangsung lama bisa dikatakan diare akut dan hal ini terjadi karena alergi pada makanan, malabsorsi atau bahkan pemberian obat yang berlebih seperti obat cacing.
Kucing Diare atau Mencret
Selain terkena infeksi yang disebabkan oleh virus, ternyata ada beberapa makanan yang mennjadi faktor lain kucing terkena diare atau mencret. Salah satu tips menangani kucing tidak mau makan dengan mengganti makanan yang biasa diberikan. Akan tetapi harus perlahan atau berhati-hati apabila salah pilih akan berdampak pada kesehatan hewan peliharaan puss lover. Sebelum membahas tentang cara mengatasi dan bagaimana mengobatinya, berikut ada beberapa makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan pada kucing.
Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kumpulan Makanan Penyebab Kucing Mencret atau Diare

- Makanan Sisa
Jangan biarkan kucing peliharaan anda dibiarkan keluar rumah, karena si puss kemungkinan besar memakan makanan sisa atau makanan yang ada di sampah saat kucing lapar. Hal ini menjadi pemicu terganggunya saluran pencernaan si kucing dan membuatnya mencret atau diare.

- Minum Air yang Tidak Higenis
Salah satu faktor penyebabnya kucing mencret karena minum air sembarangan. Hal ini disebabkan karena kucing terlalu bebas keluar rumah dan tidak begitu diperhatikan si puss apakah kucing peliharaan anda meminum air higenis atau tidak. Bukan hanya diluar rumah, karena di dalem rumah pun kucing anda bisa-bisa saja meminum air yang tidak higenis. Contoh: meminur air WC, air keran yang mengalir, bahkan air cucian bisa saja terminum. Selain kucing bisa sakit diare, minum air sembarangan dapat menyebabkan kucing keracunan. Untuk itu, lebih baik batasi area kucing, jangan dibiarkan meminum air yang tidak higenis di dalam rumah maupun diluar rumah.

- Sayuran yang Belum di Cuci Bersih
Ada banyak variasi makanan kucing yang bisa dilipih adalah sayuran, namun ada yang perli diperhatikan terlebih dahulu yaitu kebersihannya. Apabila sayuran atau buah-buahan tidak di cuci dengan bersih maka dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan kucing yang disebabkan bakteri atau parasi di dalamnya. Sebelum diberikan pada kucing peliharaan anda, cuci terlebih dahulu dan dikukus agar tekstur lebih empuk dan mudah untuk dimakan.

- Pemilihan Produk Susu Sembarangan
Kucing yang meminum susu dari merk sembarangan juga dapat menjadi pemicu diare karena pada dasarnya hewan menggemaskan ini tidak dapat mencerna laktosa. Maksudnya adalah sebagian besar susu baik susu hewan atau susu manusia mengandung laktosa yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh si kucing. Makanan lainya yang mengandung laktosa yaitu: keju,susu,es krim, dan yogurt.

- Pemilihan Produk Susu yang Kurang Tepat
Salah satu kondisi tubuh yang dimiliki si kucing yaitu tidak dapat mencerna laktosa, karena sebab itu kucing tidak bisa mencerna produk susu. Untuk itu, jangan memberikan produk susu seperti yogurt, krim, keju, dan es krim. Daripada memberikan susu atau makanan olahan susu lainnya, lebih baik memberikan air putih atau bisa kuning telor agar kucing tetap sehat dan perkasa.

Sebenarnya ada beberapa minuman dan makanan yang berbahaya bagi kucing. Untuk itu, pecinta kucing harus selalu memperhatikan hewan peliharaanya agar tidak mengkomsumsi makanan yang dapat membuat kucing menjadi sakit mencret atau diare.

Pada umumnya, apabila kucing kesayangan anda terkena penyakit mencret atau diare, nafgsu makannya akan berkurang dan tidak seperti biasanya yang lahap. Anda dapat mensiasatinya dengan memberikan makanan secara rutin atau seperti biasanya tetapi dengan porsi yang sedikit. Apabila si puss sudah mengalami mencret hingga 1 minggu lamanya bisa dikatakan diare akut.
Berikut ada beberapa tips menangani permasalahan catlovers (diare atau mencret)

Tips Cerdas Mengatasi Kucing Terkena Penyakit Diare atau Mencret

-  Memberikan Cairan Oralit Khusus hewan
Sebnarnya ada beberapa cara untuk mengatasi kucing mencret atau diare yang cukup ampuh dan manjur yaitu dengan memberinya oralit yang memang khusus untuk kucing agar tidak semakin parah. Oralit ini biasanya sudah ada di petshop terdekat di kota anda. Terkadang ada saran yang menganjurkan untuk memberi obat adsorben seperti kaolin.

Obat jenis ini sebnarnya hanya berfungsi untuk meredakan dehidrasi dan tidak menghentikan buang air besar secara berlebih. Tips lainnya yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kucing peliharaan anda serta kandang agar tidak terkena lagi dan mencegah penyebaran penyakit ini ke kucing lainnya.
Baca juga: Cara dan Tips Mengatasi Kucing Dehidrasi
- Memberikan Multivitamin Untuk Kucing
Tidak hanya manusia saja, kucing juga bisa diberi multivitamin untuk menjaga ketahanan dan kekebalan tubuhnya dari berbagai penyakit. Catlovers dapat membelinya di toko-toko hewan(pethop) terdekat. Selain untuk menjaga ketahanan tubuh, multivitamin khusus kucing ini dapat membantu melawan virus yang menyebabkan sakit diare atau mencret.

- Memberi Makanan Dengan Tempe
Pertolongan lainnya yang bisa anda lakukan pada kucing yang sedang mencret atau diare yaitu dengan memberikan tempe. Salah satu makanan manusia ini memiliki banyak manfaat yang cukup ampuh untuk mengatasi kucing yang terkena diare. Apabila dirumah pecinta kucing terdapat tempe, masak terlebih dahulu agar kucing mau memakan tempe tersebut.

Anda sebagai pemilik kucing peliharaan juga dapat memberikan multivitamin dan nutrisi khusus hewan yang dapat dibeli di petshop terdekat agar tubuh kucing tidak lemas karena banyak mengeluarkan kotoran. Cobalah memberikan obat cacing khusus kucing apabila obat bernama adsorben tidak berhasil menangani permasalahan pada kucing anda. Bisa saja, kucing mencret atau diare karena cacingan.

- Mencoba Mengganti Makanan Kucing yang Diberikan
Mengganti pakan kucing bisa menjadi opsi lainnya yang dapat anda lakukan. Apabila penyebab kucing mencret karena pergantian makanan, sebaiknya jangan langsung menggantinya. Lakukan secara bertahap dikit demi sedikit agar kucing terbiasa dengan makanan yang baru diganti.

- Sementara Tidak Diberi Makan atau Mempuasakan Kucing
Cara ini bertujuan agar dapat menetralisisr pencernaan pada kucing yang terkena diare atau mencret Akan tetapi, catlovers jangan membiarkan kucing tidak mau makan begitu lama, malah dapat berakibat buruk bagi kesehatan si puss. Apabila kucing dewasa yang terkena penyakit ini, durasi untuk tidak diberi makan yaitu kurang lebih satu hati atau 24 jam dengan memberi air putih. Sedangkan pada anak kucing hanya 12 jam atau setengah hari.

- Menjaga Kebersihan Kandang Kucing
Nah, Apabila si kucing terkena diare atau mencret, cobalah untuk menjaga kebersihan kandan dengan semaksimal mungkin. Apabila kotoran kucing pada kandang tidak segera dibersihkan makan dapat membuat kondisi kucing lebih tidak sehat dan memperparah penyakitnya.
Baca juga: Cara Memandikan Kucing (Di Rumah vs Di Petshop)
Namun apabila kucing mencret atau terkena diare disertai darah dan berlendir, BAB yang cukup banyak dengan warna hijau atau warna yang pucat, dehidrasi berat pada kucing, lemas dan kucing terlihat sangat loyo atau mengantuk dan bahkan penyakit diare atau mencret pada kucing lebih dari seminggu segera bawa si puss ke dokter hewan.

Sobat cat lovers, itulah penyebab dan cara mengobati kucing yang terkena penyakit diare atau mencret yang dapat anda praktekkan sendiri di rumah anda. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu permasalahan anda.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare"

Post a Comment