Panduan Lengkap Tips serta tips Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yg Baik

Panduan Lengkap Tips serta tips Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yg Baik – Kucing anggora adalah peliharaan kecil jenis karnivora yg merumakanan jenis kucing yg menjadi peliharaan kesayangan populer selain ras kucing persia pada saat ini. Merumakanan jenis kucing yg berbulu panjang namun basanya hanya pada bagian-bagian tertentu saja. peliharaan ini berasal dari Kota angora, Turki. Untuk lebih jelasnya silahkan terlebih dahulu baca artikel sebelumnya mengenai” Kucing Anggora :mengetahui Sejarah (Asal-usul) Kucing Anggora Serta Karakternya”.

tips merawat kucing anggora, tips memelihara kucing anggora, tips merawat kucing anggora, tips memelihara kucing anggora, perawatan kucing anggora ,tips merawat kucing anggora ,tips perawatan kucing anggora ,tips merawat kucing angora
tips Merawat Kucing anggora

Jika sudah, silahkan lanjutkan baca artikel ini dengan seksama!. Karena kucing ini cendrung untuk berbulu panjang dari kucing biasa serta pula bukan berasal negara Indonesia, mungkin saudara akan menemui sedikit perbedaan dalam perawatan kucing anggora pada artikel ini. Pada prinsipnya tips merawat kucing anggora mirip ataupun hampir menyerupai dengan merawat kucing kucing persia.
Kenapa demikian??? Karena kucing anggora serta persia memilik beberapa kesamaan pada morfologinya, khususnya pada bulu peliharaan tersebut. Saya harap anda sudah memahami akan masalah ini, sekarang silahkan simak tips serta
tips perawatan kucing anggoradibawah ini.

Tips serta tips Merawat(Memelihara) Kucing Anggora yg Baik :

I. Tips serta tips Perawatan Kucing Anggora yg Baru Sampai Dirumah

Pertama kali kucing sampai dirumah, kucing akan mengalami boleh dikatakan sebagai masa linglung. Biasanya akan menunjukkan perilaku yg tak normalnya, akibat dari perubahan lingkungan ke lingkungan yg baru yaitu, rumah anda. Angora perlu beradaptasi lagi dengan lingkungannya untuk terbiasa. Bebereapa kemngkinan yg dapat terjadi ketika kucing baru sampai dirumah :

1. kurang PD (Percaya Diri) ataupun stress untuk sementara
2. Nafsu makannya berkurang
3. Suka bersembunyi, seperti ketakutan gitu..
4. Bila didekati, menjauh
5. Akan berontak apabila dipegang
6. dll.

Namun anda tak perlu khwatir, karena kucing anggora termasuk peliharaan yg mudah beradaptasi, sehingga mudah untuk angora mengatasi hal tersebut. serta hal-hal diatas normal-normal saja terjadi pada peliharaan baru. Untuk membantu kucing beradaptasi, ada beberapa hal yg dapat anda lakukan, yaitu :

1. Tempatkan kucing anda pada kandang yg aman serta lokasi yg nyaman

2. Usahakan makanan serta minuman selalu tersedia didalam kandang.

3. Sediakan dalam kandang pasir khusus kucing, yg ditempatkan dalam kotak.

4. Berikan kasih sayg pada kucing serta penuh kelembutan, serta seringlah lakukan interaksi yg penuh dengan kelembutan dengan peliharaan kesayangan anda tersebut.

Catatan : untuk pakan, lebih baik jangan diganti terlebih dahulu. ataupun dapat pula memberikan makanan yg diberikan pada tempat sebelumnya. Diharapkan dengan mengikuti langka-langkah diatas, dapat membantu kucing untuk beradapatasi dengan lingkungannya yg baru.

II. Perlengkapan Kucing Anggora

Perlengkapan dapat berfungsi sebagai penunjang dalam perwatan kucing anggora untuk lebih baik, serta pula sebagai hiasan untuk mempercatik kandang. Berikut beberpa perlengkapan tersebut, antara lain :

1. Kandang, hendaklah kandang tersebut dapat membuat kucing merasa aman serta nyaman untuk mengekspresikan perilaku alaminya. tak harus yg mahal, jika yg murah lebih baik mengapa tidak? Tapi jika anda menginginkan yg mahal pula boleh, namun prinsip keamanan serta kenyamanannya harus anda perhatikan. Jika anda tak mau mengeluarkan biaya yg terlalu banyak untuk kandang, anda dapat membuatnya sendiri. Untuk mebuat kandang kucing sendiri, silahkan baca artikel terdahulu mengenai “Panduan tips Membuat Kandang Kucing Keren Sendiri”.

2. Tempat makanan kucing, sudah banyak tersedia di Petshop. Jika and pengen hemat dapat pula menggunakan mangkok.

3. Tempat minum

4. Kotak Pasir serta Pasir khusus kucing

5. Ayakan, berfungsi untuk memisahkan kotoran kucing serta pasir. Sehingga suasana kandang tetap bersih serta hemat.

III. tips Mengganti Makanan Kucing Anggora

Dalam masa adaptasi, artinya kucing tersebut baru anda adopsi. Sebaiknya jangan mengganti merek makanan terlebih dahulu, maksudnya gunakan makanan yg diberikan pada tempat lama pada kucing tersebut untuk beberapa hari. Berikut tata tips mengganti makanan kucing dari yg lama ke yg baru :

1. 1-2 hari campuran makanan 30% makanan baru, 70% makanan lama
2. 3-5 hari campuran makanan 50% makanan baru, 50% makanan lama

3. 6-7 hari campuran makanan 70% makanan baru, 30% makanan lama

4. 7 hari keatas, baru berikan 100% makanan baru.

Jika kucing tak mengalami gangguan seperti mencret serta muntah, maka pemberian makanan baru dapat dilanjutkan.

IV. tips Menyimpan Makanan Kucing Anggora

tips penyimpanan makanan yg baik dapat mempertahankan kualitas makanan dalam jangka waktu yg lama. Kesalahan dalam penyimpanan pakan, dapat menyebabkan kualitas kucing yg berkontribusi terhadap gangguan kesehatan kucing. Berikut beberapa tindakan yg dapat mengurasngi ataupun mengatasi kerusakan pada makanan tersebut:

1. Tempat penyimpanan usahakan selalu kering, karena kondisi lembab memicu pertumbuahan serta perkembangan jamur maupun bakteri yg berkarakter patogen yg dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kucing apabila mengkonsumsinya.
2. Usahakantempat penyimpanan selalu bersih serta tertutup. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi oleh mikroorganisme yg dapat merusak kualitas pakan, baik setips fisik maupun kadar nutrisinya.

3. Hindari menyimpan makanan dari kontak matahari langsung. Untuk mencegah terjadinya reaksi yg tak diinginkan pada makanan yg menimbulkan kerusakan pada pakan.

4. Kalau dapat simpan makanan kucing tersebut dalam kulkas khusus, jangan campurkan pula dengan makanan kita. Menyimpan makanan kucing dalam kuclkas dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, sehingga dapat membantu keawetan makanan serta menjaga kualitas nutrisinya.

V. tips Memandikan Kucing Anggora

Memandikan kucing, mungkin termasuk hal yg membosankan bagi beberapa pencinta kucing. Namun tindakan tersebut kontribusinya terhadap kesehatan amatlah besar, karena memndikan kucing dapat membunuh bakteri, jamur maupun agen parasit yg melekat pada permukaan tubuh kucing.

Namun jangan pula memandikan kucing terlalu sering, 2 minggu sekali sudah cukup untuk membersihkan kucing. Mandikanlah kucing pada yg baik yaitu antara pukul 9.00-15.00. Jangan lakukan pada suhu yg dmenginginkan misalnya pada pagi hari ataupun pada kondisi sedang hujan. Untuk langkah-langkah serta lebih mendalamnya, silahkan baca artikel sebelumnya mengenai “Panduan tips Memandikan Kucing Setips Profesional”

VI. permasalahan sakit Pada Kuing Anggora

Untuk permasalahan sakit pada anggora, tak semua gangguan kesehatannya mengharuskan anda untuk membawanya kedokter hewan, kecuali untuk penyakit-sakit tertentu yg tak mungkin untuk anda atasi. sakit yg mungkin dapat atasi sendiri misalnya kutuan, jamuran serta sakit parasit lainnya yg belum tergolong parah.

Anda dapat mengatasi sakit tersebut dengan menggunakan produk-produk yg efektif untuk sakit tersebut, biasanya sudah banyak tersedia di PetShop. Dengan mengatasi sendiri, anda dapat menghemat biaya perawatan anggora. serta juga, seringlah berkonsultasi terhadap senior ataupun Dokter peliharaan untuk menambah wawasan anda dalam memelihara kucing anggora.

VII. Jadwal Pemberian Obat Cacing

Pemberian obat cacing dapat dilakukan 2 sampai 4 kali dalam setahun, namun kucing yg sering bermain diluar rumah sebaiknya pemberinnya lebih sering. Namun sebagai langkah aman, sebaiknya konsultasikan terhadap dokter hewan, karena kesalahan dalam pembaerian obat cacing dapat beresiko terhadap kucing.

VIII. Jadwal continueMerawat Kucing Anggora

1. Pagi serta Sore (setiap hari) : memberi makan serta minum
2. Pagi serta Sore (setiap hari) : membersihakan kotoran kucing

3. Memandikan kucing : Sekali 2 minggu

4. Grooming kesalon : sekali sebulan

5. Pencucian kandang : sekali seminggu

IX. Mencuci Kandang serta Perlengkapan

Mencuci kandang serta perlengkapan merumakanan suatu tindakan yg dapat menghindarkan kucing dari berbagai seragan agen penyakit, mejaga kebersihan kucing serta lingkungan, menghindari bau yg tak sedap dll. Kotoran yg sudah lama tak dibuang dapat menghasilkan ammonia dalam kandang, tingginya kadar ammonia dalam kandang dapat mengganggu pernafasan kucing.

Sebaiknya selalulah perhatikan kebersihan kucing serta kandangnya agar kucing tetap sehat sehingga pertumbuhan serta perkembangannya dapat melaju setips normal. Langkah yg dapat anda lakukan adalah pertama, bersihkan terlebih dahulu kandang serta perlegkapannya, kemudian cuci serta jemur dibawah terik matahari. Jika sudah dirasa kering, semprotlah kanserta serta peralatan tadi dengan menggunakan larutan desinfektan untuk memastikan kesterilan kandang serta perlengkapan tadi. Pastikan kucing tak berada dalam kandang, saat anda memlakukan perbersihan maupun pencucian.

Terimakasih telah baca "
Panduan Lengkap Tips serta tips Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yg Baik", semoga bermanfaat. Tolong bantu like untuk membantu perkembangan blog ini. Silahkan ajak pula sahabat kita yg lain untuk berkunjung ke blog ini, terimakasih.

Pustaka :

http://artikelkedokteranhewan.blogspot.com/2014/02/panduan-lengkap-cara-merawat-kucing-persia-dengan-baik.html

http://www.fauzionline.com/2012/08/tips-cara-merawat-kucing-anggora.html

0 Response to "Panduan Lengkap Tips serta tips Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yg Baik"

Post a Comment