Kucing Russian Blue

Mengenal Russian Blue, Kucing Dari Rusia

Asal Muasal

Kucing ras ini tidak diketahui kepastianya di daerah asalnya, tetapi beberapa ahli percaya bahwa kucing dengan bulu pendek dan berwarna biru ini hidup di semenanjung Laut Putih di Port Arkhangelsk pada awal abad ke-17.
Arkhangelsk Port
Menurut legenda, kucing ini adalah teman untuk Tsar (gelar bagi kaisar Rusia), dan kemudian dibawa ke Inggris oleh pelaut pada tahun 1860-an, dan mulai diperkenalkan di London dengan nama Russian Shorthair.
Ilustrasi Dari Tsar
Ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa kucing jenis ini asalinya berasal dari daerah Mediterania. Russian Shorthair baru diganti namanya menjadi Russian Blue pada tahun 1934.

Persilangan

Kucing Russian Blue disilangkan dengan kucing Siam Biru (Siamese Blue Point) bertujuan untuk memperkuat gen, namun akibat dari persilangan tersebut ada peluang muncul warna lain. Mata Russian Blue aslinya berwarna hijau gelap, tetapi akibat persilangan ada yang berwarna kekuningan, dan sebagainya.
Mata Kucing Russian Blue Hijau Gelap
Kucing Siamese Blue Point (Bermata Biru)
Kucing Russian Blue memiliki ukuran tubuh medium, berbulu pendek, dan struktur tulang yang bagus. Bulu yang berwarna kebiruan dengan nuansa silver pada setiap ujung bulu, sehingga memberi kesan bersinar. Bulunya tebal dan memberi kesan mewah. Biasnya Kucing Russian Blue ini memiliki berat badan sekitar 3-5,5kg dan memiliki rentang kehidupan sekitar 10-15 tahun. Kucing jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada kucing betina.
Kucing Russian Blue
Kepribadian Kucing Russian Blue ini sedikit pemalu, terutama terhadap orang asing. Kucing ini sangat setia terhadap pemiliknya dan akan menunjukkan sisi yang sangat menyenangkan bagi mereka. Kucing Russian Blue ini sangat cerdas dan mandiri (tidak memerlukan manusia terus-menerus).
Kucing Russian Blue

Suara

Kucing Russian Blue adalah jenis kucing pendiam. Mereka akan sering terlihat berjalan di sekeliling rumah tanpa bersuara, atau duduk berjam-jam memandang keluar jendela tanpa mengeluarkan suara.

Sebenarnya, kucing Russian Blue sangat lembut dan tidak bisa terdengar dari jarak kurang lebih dari 1-2kaki (1 kaki = 30,5cm). Jika mereka bersuara bunyinya seperti mah atau churp.

Tips Sederhana Untuk Perawatan Kesehatan

  • Kucing Russian Blue adalah jenis kucing yang jarang terkena penyakit, jika mereka dirawat dan dilatih secara benar dan penuh kasih sayang. Kucing ini juga tidak memiliki kelainan genetik.
  • Yang harus Anda perhatikan adalah kucing Russian Blue sangat suka makan oleh karena itu mereka mudah sekali kegemukan. Anda harus memberi takaran makanan yang seimbang, bergizi dan tetap, terutama pada kucing ras Russian Blue versi dewasa.
  • Perawatan tubuh kucing Russian Blue juga tidak begitu sulit dan hanya membutuhkan sedikit perhatian. Paling tidak Anda harus menggunting cakarnya seminggu atau dua minggu sekali.
  • Meskipun kucing Russian Blue sangat suka disisir dan dibelai, namun tetapi mereka biasanya menyisir bulu mereka sendiri. Oleh karena itu mereka tidak egitu perlu untuk disisir atau disikat.
 Kucing Russian Blue

0 Response to "Kucing Russian Blue"

Post a Comment