Cara mengobati kucing anda yg terkena Scabies

portalmeow.blogspot.com - Scabies yaitu penyakit kulit yg disebabkan oleh parasit sejenis kutu yg biasa disebut tungau scabies ataupun sarcoptes. Jenis penyakit ini kerap menyerang kucing, anjing serta kelinci serta dapat pula menular ke manusia. Jenis tungau ini ada 2 macam yaitu sarcoptes scabies serta notoedres cati scabies. Tungau ini memiliki ukuran kecil sekali 0.2 - 0.4 mm, serta hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop serta dapat juga memakai kaca pembesar.

Serangan tungau scabies yaitu menggali serta melubangi kulit lalu bertelur serta terus-menerus menggali saluran-saluran pada kulit. Sesudah bertelur, tungau betina akan mati dalam kurun waktu 3 sampai 8 hari telur akan menetas menjadi beberapa ekor larva berkaki enam, serta larva yg sudah dewasa beralih menjadi nimfa yg memiliki delapan kaki. Pada nimfa dewasa ini berganti kulit yg akan menjadi tungau dewasa. Tungau dewasa ini berkembang biak di dalam saluran yg sudah digalinya serta membutuhkan waktu hingga 2 sampai 3 minggu, seperti itulah siklus hidup mahluk scabies ini.

Scabiesis dapat menyerang semua usia pada kucing anda baik jantan ataupun betina. Untuk penularan penyakit skabies ini berlangsung lewat kontidak fisik antara kucing anda ataupun mungkin kontidak dengan alat tempat yg tercemar tungau seperti kandang, sisir serta lain-lain. Gejala awal terserang penyakit ini umumnya seperti gatal serta rontok di sekitar telinga, leher, muka, kelopak mata, hidung serta yg pasti di bagian kepala.

Ciri-ciri kucing anda terjangkit scabies adalah sering menggaruk-garuk pada bagian kepala. serta pada ujung daun kuping nampak bercak kerak kulit mati serta membotak. Bila skabies tersebut dibiarin maka bakal makin menyebar ke semua bagian kepala kucing. Kadang-kadang banyak sebagian orang salah kaprah antara tungau scabies dengan jamur ringworm. Langkah yg paling mudah untuk membedakannya scabies yaitu pada ujung kuping terdapat kerak serta saat kita kerok perlahan-lahan, maka kulit mati terangkat serta dapat menyebabkan luka lecet.

Cara mengatasi serta mengobati Scabies 
  • Jika mempunyai banyak kucing, maka segera pisahkan antara kucing anda yg terjangkit scabies serta yg sehat. karena penyakit scabies ini dapat menular
  • Cuci serta bersihkan alat-alat grooming seperti sikat, sisir, kandang, serta semua peralatan serta tempat yg sering digunakan pada kucing anda yg terjangkit scabies ini.
  • Hindari tempat grooming ataupun penitipan hewan yg tidak mempunyai kebersihan yg cukup baik.
  • Mandikan kucing anda dengan shampoo yg mengandung zat sulfur yg dapat anda dapat di petshop terdekat salah satunya seperti lime sulfur ataupun sebasol. cara memandikan nya yaitu setelah seluruh tubuh disampoin lalu di diamkan selama 10 sampai 15 menit serta setelah itu bilas serta keringkan. cara ini dapat dilakukan selama seminggu sekali berturut-turut hingga sembuh total, penyembuhan biasanya memakan waktu 1 bulan hingga 2 bulan.
  • Salep yg mempunyai kandungan permethrin, petrolatum, Triamcolone, derma tech serta gamexane
  • Minyak VCO, yg dapat anda dapatkan di apotik century & guardian, minyak jenis ini sudah terbukti manjur serta aman buat kitten, hamil maupun menyusui. cara penggunaannya yaitu cukup dioleskan pada bagian yg terkena scabies.
  • serta yg terakhir Cara paling ampuh adalah injeksi ataupun suntik anti scabiesis, yg hanya dapat ditangani oleh dokter hewan. Suntikan scabies ini yaitu jenis obat golongan avermectin antara lain adalah suntik ivermectin, suntik selamectin serta suntik doramectin. Cara ini biasanya dianjurkan oleh dokter yakni 2 kali selang waktu 2 minggu. Setelah itu dijamin scabies yg menyerang kucing anda akan rontok semua. Jika mempunyai kucing anda banyak dirumah, disarankan untuk suntik scabies juga walaupun kucing anda lain tidak terkena scabies, karena ada kemungkinan tertular serta tidak pernah tuntas. oh iya, suntikan ini khusus untuk penyakit scabies saja serta bukan penyakit jamur lain seperti Ringworm. Cara mengatasi serta mengobati Jamur Ringworm pada kucing anda

0 Response to "Cara mengobati kucing anda yg terkena Scabies"

Posting Komentar