Cara Mengobati kucing anda yg Terkena Jamur Ringworm

portalmeow.blogspot.com - Penyakit Jamur memang paling menyebalkan yg kerap diderita oleh kucing. Terlebih kitten yg notabene ketahanan badannya yg lebih rendah hingga mudah sekali tertular.

Disini penulis akan sedikit mengulas tentang apa itu jamur kurap ini, Ringworm adalah jenis jamur yg hidup di kulit serta bulu. Terdapat banyak species jamur yg hidupnya di kulit serta di bulu, satu diantara spesies yg cukup bandel serta kerap menyerang binatang kesayangan seperti kucing, anjing maupun kelinci yaitu jamur jenis Microsporum canis.

Ciri-cirinya hewan terjangkit jamur ringworm yaitu bulu rontok serta membotak, terkadang dibarengi kerak kulit kering yg mirip seperti ketombe. Rontokan kulit kering yg terkelupas terkadang mirip sisik. di daerah bulu rontok terdapat lingkaran di kulit berwarna kemerahan seperti luka serta terasa gatal oleh kucing anda tersebut. sehingga kucing anda sering garuk-garuk biasanya dibagian muka serta telinga. Pada umumhya puncak kerontokan bulu kucing anda dapat memakan waktu kurang lebih 1 bulan sejak terserang jamur Microsporum canis.

Obat Ringworm, Jamur Ringworm, cara mengobati, cara meyembuhkan, cara mengatasi, cara mencegah
Jamur seperti ini dapat menular serta menyebar lewat kontidak dengan kucing anda apalagi dalam satu rumah terdapat banyak kucing. penyebaran spora Ringworm ini dapat melalui kontidak langsung dengan bulu serta tempat seperti lantai, kandang, tempat makan/minum, tempat tidur, handuk, sisir serta lain-lain. Jamur tumbuh serta berkembang biak sangat cepat jika keadaan lingkungan serta tempat kucing anda yg kurang bersih serta lembab.

 

  

Cara mengatasi serta menyembuhkan jamur Ringworm


Obat Minum :

Ketoconazole, Obat ini kerap dipakai juga sebagai anti jamur. Umumnya diberikan berbarengan dengan makanan yg berlemak supaya penyerapan obat tambah baik. Efek samping: hilangnya nafsu makan, mual-mual serta muntah.

Itraconazole, Pemberian 2 x 2 minggu. Obat ini sebaiknya juga diberikan berbarengan makanan yg berlemak dengan maksud lebih maksimal penyerapan obat. Efek samping: Nafsu makan menurun, muntah. Jangan diberikan pada kucing anda sedang hamil.

Griseofulvin, pemberian obat yaitu 4 - 6 minggu. Efek samping: Masalah pencernaan, nafsu makan menyusut, demam.

Fluconazole, Pemberian obat setiap hari ataupun dua hari sekali selama beberapa minggu hingga sembuh. Efek samping: Masalah pada fetus kucing, Gangguan pada hati. Jangan diberikan kepada kucing anda hamil.

 

Obat Luar  :

1. Shampoo
Shampo yg mengandung Ketoconazole seperti fungasol, ataupun Shampo yg mengandung Povidone Iodine maupun sulfur. dapat dibeli di apotik ataupun petshop. Yakinkan bahan ketokonazol yg ada pada obat itu 2% serta 1% seperti yg ada pada shampo nizoral SS. sampo obat tersebut dapat membasmi jamur jenis Microsporum serta Trichophyton pemicu jamur ringworm. Efek sampingnya adalah alergi akibat bahan ketoconazole.

2. Belerang ataupun Lime sulfur 0.5 - 5 %
Belerang yaitu obat classic untuk membasmi penyakit jamur. Dengan cara kucing anda dicelup ataupun dimasukkan kedalam larutan cairan belerang serta diratakan ke semua tubuh. Lalu keringkan dengan handuk bersih serta keringkan dengan hairdryer lebih bagus jika ada. Kekurangan penyembuhan ini yaitu bau sulfur yg dapat mengakibatkan nafsu makan kucing anda menurun. Diluar itu dapat pula  menggunakan obat semprot ataupun spray yg memiliki kandungan belerang. Larutan belerang bentuk semprot ataupun spray itu dapat diperoleh di petshop.

3. Obat Oles Salep serta Bedak
Beberapa banyak obat gosok cuma dapat diperoleh di Apotik dengan menggunakan resep oleh dokter hewan. cara penggunaan nya cukup dengan di oleskan salep pada bagian yg terjangkit jamur ringworm. Kekurangan pada obat gosok ini yakni warna obat yg membekas pada bulu kucing anda serta bau yg agak menyengat. Diluar itu obat gosok sedikit susah dipakai pada daerah di sekitar mata kucing anda lantaran dapat mengakibatkan iritasi bila masuk ke mata kucing, untuk mengindari bahaya sebaiknya dipakai kan collar saat mengobati dengan salep, yg berguna untuk mencegah agar kucing anda tidak dapat menjilat-jilat bagian yg telah diolesi obat tersebut. Rekomendasi obat dari saya adalah minyak VCO (Virgin Coconut Oil)  yg dapat anda temukan di apotik Guardian & Century. Obat ini sangat aman serta manjur skaligus mengobati bulu rontok, cara penggunakan cukup dioleskan ke tubuh bagian yg terserang jamur ringworm.
Untuk penyakit scabies: Cara mengobati kucing anda Terkena Scabies 

0 Response to "Cara Mengobati kucing anda yg Terkena Jamur Ringworm"

Post a Comment